PERINGKAT SEKOLAH RSBI SE INDONESIA


Penilaian TOEIC

JAKARTA
- Untuk mengetahui kemampuan berbahasa asing para pendidik di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) me-ranking nilai Test of English for International Communication (TOEIC) para guru di sekolah-sekolah tersebut. Hasilnya, belum sepenuhnya memuaskan. Sebab, dari ratusan RSBI di Indonesia baik SMP, SMA, maupun SMK, hanya segelintir sekolah yang nilainya memuaskan.
          Depdiknas me-ranking 20 besar sekolah dengan nilai rata-rata terbaik. Sekolah-sekolah itu para gurunya rata-rata bisa meraih nilai TOEIC antara 362 hingga 510. Sepuluh besar sekolah dengan nilai rata-rata TOEIC terbaik adalah SMA Sutomo 1 Medan, SMA Kusuma Bangsa Palembang, SMAS Lazuardi Depok, Islamic Boarding School, SMKN 2 Bukittingi, SMA Lab School Jakarta, SMA Cakra Buana, SMAS 4 Denpasar, SMPN 1 Mojokerto, dan SMPN 1 Bengkulu (lengkap lihat grafis)
    Secara garis besar, para guru yang mempunyai nilai TOEIC kurang dari 245 atau nilai paling rendah ada 6.607 orang. Terbanyak di antara kategori nilai lainnya. Artinya, cukup banyak guru yang nilai TOEIC-nya kurang memuaskan. Sedangkan, yang memiliki nilai 300-345 ada 1.410 guru, nilai 350-395 ada 851 guru, 400-445 ada 629 orang guru, 450-495 ada 398 guru. Nilai tertinggi berhasil dikantongi 10 guru dengan mendulang 900-945 poin.
          Direktur Pembinaan SMA Ditjen Mandikdasmen Sungkowo mengatakan, pihaknya berupaya memetakan kualitas sekolah yang ditunjuk sebagai RSBI. Salah satunya dengan mengukur kemampuan berbahasa Inggris mereka. “Meski bahasa Inggris bukan satu-satunya indikator sekolah disebut bertaraf internasional, namun itu sangat penting. Bagaimana mungkin sekolah menuju berstandar internasional jika guru-gurunya tak mahir berbahasa asing,” ungkapnya.
    Karena itu, pelatihan dan tes bahasa Inggris terus dilakukan pihaknya. Paling tidak, untuk guru pengajar MIPA harus menguasai bahasa Inggris. Sungkowo mengakui, tak mudah memang menggenjot kualitas berbahasa asing para guru tersebut. Kendati demikian, penguasaan bahasa asing menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki sekolah yang menjadi pilot project RSBI.
    Dirjen Mandikdasmen Suyanto sebelumnya mengatakan, salah satu peningkatan mutu pendidikan dengan menggenjot program RSBI. Diharapkan dalam kurun waktu lima tahun, sekolah rintisan itu bisa berubah status menjadi berstandar internasional. Pada 2014, diharapkan tiap kabupaten/kota memiliki satu RSBI.
    Karena itu, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Baedhowi mengatakan, pihaknya akan memberi beasiswa para guru RSBI. Yakni, dengan menyekolahkan mereka untuk meraih gelar S2. Tahun ini, program pendidikan S2 untuk mereka akan dimulai. Targetnya, semua guru RSBI harus menyandang S2.(kit)


Ranking Rintisan SBI dengan Nilai TOEIC Terbaik di Indonesia
---------------------------------------------
Sekolah                         Nilai TOEIC
1. SMA Sutomo 1 Medan                    510
2. SMA Kusuma Bangsa, Palembang        468
3. SMAS Lazuardi                        458
4. Islamic Boarding School            448
5. SMKN 2 Bukitinggi                    445
6. SMA Lab School Jakarta            418
7. SMA Cakra Buana,                    418
8. SMAS 4 Denpasar                414
9. SMPN 1 Mojokerto                398
10. SMPN 1 Bengkulu            387

Sumber: Ditjen PMPTK
Loading...